Batam masuk provinsi mana? ini jawaban yang tepat

Batam provinsi kepulauan riau

Batam provinsi kepulauan riau

Saya cukup terkejut, walau batam termasuk kota besar bahkan terkenal di seluruh Indonesia akan barang murahnya dan banyak lapangan pekerjaan. Tapi ternyata banyak yang belum tahu batam masuk provinsi mana. Mungkin ketidaktahuan itu karena yang populer adalah kota batam atau pulau batam. Sedangkan provinsi Kepulauan Riau termasuk provinsi yang baru di Indonesia. Untuk itu kita perlu tahu sejarah kota batam dan provinsi Kepulauan Riau lebih jauh.

Sejarah

Pulau Batam dihuni pertama kali oleh orang melayu dengan sebutan orang selat sejak tahun 231 Masehi. Pada dekade 1970-an, dengan tujuan awal menjadikan Batam sebagai Singapura-nya Indonesia, maka sesuai Keputusan Presiden nomor 41 tahun 1973, Pulau Batam ditetapkan sebagai lingkungan kerja daerah industri dengan didukung oleh Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam atau lebih dikenal dengan Badan Otorita Batam (BOB) sebagai penggerak pembangunan Batam.

Kepulauan Riau merupakan provinsi baru hasil pemekaran dari provinsi Riau. Provinsi Kepulauan Riau terbentuk berdasarkan Undang-undang Nomor 25 tahun 2002 merupakan provinsi ke-32 di Indonesia yang mencakup Kota Tanjungpinang, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun, Kabupaten Natuna, Kabupaten Kepulauan Anambas dan Kabupaten Lingga. Sebelum adanya pemekaran, orang lebih mengenal daerah kepulauan riau dengan sebutan riau kepulauan sedangkan kota pekan baru dan kota di provinsi riau yang sekarang di sebut dengan riau daratan.

Batam masuk provinsi mana?

Dari sejarah singkat di atas kita bisa menjawab pertanyaan, Batam masuk provinsi mana? Jawabannya adalah Provinsi Kepulauan Riau.