atraksi asiang di warung kopi asiang pontianak

Warung Kopi Asiang Pontianak Kopi Telanjang Dada Yang Terkenal

Sudah lama sebenarnya penasaran dengan yang namanya warung kopi asiang ini. Warung kopi asiang sangat terkenal di kota pontianak.  Bahkan bisa dikatakan legendanya kopi pontianak.

Menurut penuturan orang-orang yang pernah ngopi disana, selain rasanya yang khas kopi pontianak juga “ritual” pembuatan dari pemiliknya unik. yaitu bertelanjang dada alias tidak memakai baju.

“Koh Asiang” begitu panggilan yang disematkan kepadanya, telah lama menggeluti dunia kopi. Menurut sejarah dari pembuat sekaligus pemiliknya Asiang, warung kopi ini telah berdiri sejak tahun 1958. Ia meneruskan usaha yang telah dirintis ayahnya.

atraksi asiang di warung kopi asiang pontianak
atraksi asiang bikin kopi dengan gaya telanjang dada tanpa baju

Rahasia dari enaknya racikan kopi asiang ini adalah kopi jenis robusta yang digunakan memang kopi asli kalimantan barat. Teknik yang digunakan saat membuatnya, sama dengan kopi tarik aceh. Yaitu dengan menarik-narik air kopi dari wadah besar terbuat dari aluminium ke wadah yang lain.

Dari ritual ini tercipta kopi susu penuh buih yang membuat kita tidak sabar untuk menyeruputnya. Biasanya yang terkenal di warung kopi ini adalah Kopi Susu Asiang.

Kopi asiang ini memang sudah terkenal. Bukan hanya kota pontianak, tapi sampai manca negara. Sudah banyak media lokal dan media internasional seperti malaysia, singapura bahkan majalah jepang juga pernah mengulas tentang kopi unik bertelanjang dada ini.

Awal saya pertama kali datang ke warung kopi asiang ini,  ketika pergi ke tempat saudara yang ada di kota pontianak. Dari ngobrol-ngobrol santai, tercetuslah ajakan dari salah satu saudara perempuan untuk nyantai di kopi asiang. Namanya panggilannya Tami. Gadis manis ini mengajak ke sana.

Mendengar ajakan itu sebenarnya tertarik karena memang penasaran, tapi sayang ketika si Tami menyebut jam 5 subuh. Perasaan malas melanda. Membayangkan naik motor ditengah dinginnya udara subuh saja sudah membuat ilfil. Jadi ajakan itu hanya dianggap angin sepoi-sepoi..wkwkwk

Tapi ternyata perjuangan gadis kelahiran sumpah pemuda ini tidak surut mempromosikan keenakan kopi asiang. Bak seorang marketing ia mengatakan “kopi susu asiang enak, seperti Kopi Hitam Aming”.

Memang selain kopi Asiang, di kota Pontianak ada banyak kedai atau warung kopi yang terkenal. Salah satunya adalah Warung Kopi Aming, yang pernah dikunjungi oleh Presiden Jokowi beserta staf ketika datang ke Provinsi Kalimantan Barat.

Menurut pak mahmud salah satu pengunjung yang sering ke warung kopi ini. Ia mengakui tidak begitu menyukai kopi. Tapi sering diajak nyantai di warung kopi asiang di pagi hari sebelum ke tempat kerja.

Menurutnya, Kopi Asiang ini enak sehingga ia tidak pernah menolak jika diajak kesana. “Jangan harap dapat tempat dudok, kalau datang pagi. Kalau maok datang, suboh” Ujar pak mahmud dengan logat bahasa melayu Pontianaknya yang kental.

Warung Kopi Asiang ini mulai buka dari jam 3 subuh sampai 17.00 Siang. Terkadang tutup awal. Menurut penuturan Pak Mahmud, biasanya Warkop ini tutup jam 4 sore.

Setelah mendengar penuturan pak mahmud dan promosi Tami, akhirnya hati ini mengikhlaskan keluar subuh hanya untuk mencicipi kopi asiang. Kami berempat Admin, Rio, Tami, Ridwan, dan Rizky membuat kesepakatan ngumpul sehabis sholat subuh untuk pergi bareng ke Warung Kopi Asiang.

Sebenarnya rencana pergi tidak hanya berlima orang saja. Tapi tami juga mengajak salah satu saudara perempuan yang bernama Diana. Tapi sayang ajakan tami ke calon artis lokal ini ditolak tanpa alasan.

Ternyata tidak sekedar rencana saja, si tami yang menyukai ponsel iphone ini memberikan ide bikin grup whatsapp “Asiang Jam 5 Subuh”. Akhirnya kami semua mengiyakan ide aneh itu. Mungkin karena takut.

Karena kurangnya kekompakan anggota grup, rencana yang sebelumnya telah diatur dengan matang. Berantakan. Jadi acara ngopi bareng “Kopi Asiang Jam 5 Subuh” di batalkan. Bersambung.