terminal bus bandung dan rute

Terminal adalah salah satu komponen dari sistem transportasi yang mempunyai fungsi utama sebagai tempat pemberhentian sementara kendaraan umum untuk menaikkan dan menurunkan penumpang dan barang hingga sampai ke tujuan akhir suatu perjalanan, juga sebagai tempat pengendalian, pengawasan, pengaturan dan pengoperasian sistem arus angkutan penumpang dan barang, disamping juga berfungsi untuk melancarkan arus angkutan penumpang atau barang (Departemen Perhubungan, 1996).

1. Terminal bus Leuwi Panjang

Terminal Leuwi Panjang menyediakan jasa pelayanan baik di dalam Kota, antar Kota, maupun antar provinsi. Melalui rute angkutan Kota dan bus Damri, Terminal Leuwi Panjang dapat menghubungkan pusat-pusat kegiatan yang ada sebagai bentuk interaksi.

Pengguna Angkutan Umum Penumpang (AUP) meliputi pengguna angkutan kota rute Cicaheum – Cibaduyut dan Cibaduyut Karangsetra. Di samping itu, terdapat pengguna bus Damri rute Leuwi Panjang Cicaheum, Leuwi Panjang – Dago, Leuwi Panjang – Ledeng, dan Leuwi Panjang – Cibiru.

Rute Angkutan Umum Penumpang

Damri Leuwi Panjang – Ledeng
Damri Ledeng – Leuwi Panjang
Damri Dago – Leuwi Panjang
Damri Leuwi Panjang – Dago
Damri Leuwi Panjang – Cicaheum
Damri Cicaheum – Leuwi Panjang
Damri Leuwi Panjang – Cibiru
Angkot Cibaduyut – Karangsetra
Angkot Cicaheum – Cibaduyut

Peta Rute Aup di Terminal Leuwipanjang

Peta Rute Aup di Terminal Leuwipanjang

Terminal Leuwi Panjang adalah satu dari dua terminal besar transportasi darat antar kota yang utama di Bandung, Jawa Barat. Terletak di Jalan Leuwi Panjang yang bergaris lurus dengan Jalan Cibaduyut Raya. Terminal ini dibangun untuk menggantikan Terminal Kebon Kelapa. Melayani trayek ke berbagai kota di Jawa Barat, Jakarta. Selain Terminal Leuwi Panjang, Bandung juga memiliki terminal antar kota yang dikenal dengan nama Terminal Cicaheum.

Sejarah

Terminal Leuwi Panjang dibangun pada tahun 1994, beropersai sejak tahun 1996 dan berdiri dilahan 4 ha. Merupakan pengganti terminal sebelumnya yang bernama Terminal Kebon Kelapa, yang semenjak dipindahkan hingga saat ini terminal lama tersebut dijadikan sebagai salah satu pusat perbelanjaan di Bandung.

Tujuan

Terminal Leuwi Panjang merupakan tempat persinggahan bus yang menuju kota di daerah barat, seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Sukabumi, Cianjur, Lampung, hingga Medan.

terminal bus bandung ke jakarta

Rute : Terminal Leuwi Panjang Bandung melalui Jl. Tol Purbaleunyi dan Jl. Raya Pantura/Jl. Tol Jakarta – Cikampek Rute tercepat saat ini, menghindari penutupan jalan di Jl. KH. Noer Ali Rute ini melewati tol. Lama perjalanan sekitar 2 jam 38 mnt (148 km)

Kapasitas

Mengingat tingginya arus keluar masuk kendaraan bus yang ada di terminal ini, terminal ini termasuk terminal yang sibuk dan padat, bahkan tidak mampu menampung arus kendaraan yang ada sehingga kendaraan harus berada di luar terminal

2. Terminal bus cicaheum bandung

Terminal Cicaheum adalah satu dari dua terminal besar di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Satu terminal lainnya adalah Terminal Leuwi Panjang. Terminal Cicaheum terletak di ujung jalan Ahmad Yani, di daerah Cicaheum, memiliki kapasitas sebanyak 517 bus yang keluar masuk dalam satu hari. Terminal ini tempat mengantarkan penumpang ke daerah timur, seperti Sumedang, Majalengka, Tasikmalaya, Garut, serta kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

terminal bus cicaheum bandung

terminal bus cicaheum bandung

Luas lahan parkir

Luas lahan parkir bus AKAP yang dimiliki Terminal Cicaheum sebesar 540 m2
Luas lahan parkir bus AKDP yang dimiliki Terminal Cicaheum sebesar 2887,5 m2
Luas lahan parkir ANGKOT yang dimiliki Terminal Cicaheum sebesar 675 m2
luas parkir untuk mobil pribadi sebesar 375 m2 dan sepeda motor sebesar 63 m2