Rencana pembangunan jembatan batam singapura

Jembatan batam singapura
ilustrasi Jembatan batam singapura

Dengan adanya rencana pembangunan jembatan batam ke singapura tentunya mengembirakan semua pihak. Karena selama ini hubungan kerjasama kedua belah pihak antara singapura dengan Batam Indonesia sudah lama terbangun. Saling membutuhkan terutama yang berkaitan dengan bisnis dan juga industri pariwisata yang masing-masing daerah mempunyai keunikan tersendiri. Dengan berdirinya jembatan batam singapura tentunya banyak kemudahan yang didapat seperti misalnya untuk transportasi.

Jarak batam singapura sangat dekat, yaitu sekitar 19.3 mil atau 31 KM (kilometer). Dengan jarak tempuh rata-rat 1 jam (60 menit) menggunakan transportasi ferry. Itupun bisa dipersingkat dengan memilih pelabuhan dengan rute ferry batam singapura yang terpendek. Misalnya untuk Anda yang ingin lebih cepat, bisa menggunakan ferry dari pelabuhan Sekupang Batam ke pelabuhan Harbour Front Singapura. Dengan melalui rute tersebut anda akan tiba ke singapura hanya dalam waktu 45 menit. Begitu dekatnya kota singapura, bahkan jika cuaca bagus anda akan menyaksikan kota singapura dilihat dari batam. Untuk menikmati pemandangan kota singapura, hanya bisa dilihat di beberapa lokasi tertentu di batam.

Akan tetapi sayang jembatan batam ke singapura hanya wacana saja sampai saat ini. Sebenarnya hal tersebut mungkin saja diwujudkan, karena untuk contoh jembatan antar negara singapura sebenarnya sudah ada, bahkan sudah lama dibuat. Untuk contoh yang terdekat misalnya jembatan dari Singapura ke Malaysia. Yang telah lama di buka untuk lalu lintas. yaitu mulai pada tanggal 2 Januari 1998. Jembatan Singapura ke Malaysia ini terbentang dengan panjang total 1920m. Tujuan pembangunan jembatan yang diberi nama Tuas Second Link ini adalah dapat mengurangi kemacetan lalu lintas jembatan johor singapura. Selain jembatan Tuas Second Link, memang ada jembatan lain yang menghubungkan kedua negara yaitu jembatan Johor–Singapore Causeway. Jembatan ini adalah jembatan penghubung johor dan singapura yang pertama kali dibangun pada tahun 1923.

Bagaimana dengan batam singapura? Tentunya kita berharap pembangunan jembatan batam singapura terealisasi. Untuk mempermudah dan efisiensi lalu lintas perdagangan antar kedua negara terutama untuk meningkatkan sektor ekonomi provinsi Kepulauan Riau, khususnya kota batam. Dengan adanya Kawasan Perdagangan Bebas atau ASEAN ASEAN Free Trade Agreements(AFTA), maka akan memberikan dampak signifikan untuk kemajuan kota batam dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional.