Kalender Jawa Bulan Januari Tahun 2022 Lengkap Hari, Pasaran, Wuku

Kalender jawa bulan Januari tahun 2022 yang lengkap dengan hari, pasaran dan wuku. Kalender jawa ini dibutuhkan untuk menentukan hari baik hajatan pernikahan agar terhindar dari halangan dan bahaya.Dari zaman kerajaan mataram kalender jawa tetap digunakan sampai sekarang.  Bulan Januari adalah bulan ke-1 dalam kalender gregorian yang jumlah harinya 31 hari.

Hari Baik dan Buruk Bulan Januari Tahun 2022

Untuk menentukan hari baik pernikahan di bulan Januari tahun 2022, Pilihlah waktu pelaksanaa pesta pernikahan maupun ijab kabul pada hari baik. Jika melaksanakan pada hari yang buruk dikhawatirkan akan banyak aral rintangan, sial yang dapat merusak kehidupan rumah tangga kedua mempelai dimasa depan.

Hari dan Pasaran Jawa

Hari dan pasaran jawa selain untuk pernikahan juga meramal watak seseorang dari weton kelahirannya. Ada 7 hari dan 5 pasaran dalam kalender penanggalan jawa. Gabungan dari hari dan pasaran disebut weton. Hari ada 7 yaitu Minggu (Ahad), Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Pasaran ada 5 yaitu Dalam penanggalan Jawa menggunakan siklus 35 hari. Bagi masyarakat suku Jawa, penting untuk mengetahui jodoh dari masing-masing pasangan sebelum dilangsungkan pernikahan. Kecocokan jodoh dari wanita dan pria yang akan menikah tergantung dari weton kelahiran mereka. Banyak metode perhitungan untuk mencari kecocokan jodoh berdasarkan weton lahir. Semuanya ada di dalam kitab buku primbon Bataljemur Adammakna.

Wuku

Wuku digunakan untuk mencari hari baik sama seperti hari dan pasaran. Wuku biasanya ada pada kalender bali. Tapi pada kalender jawa juga banyak yang menggunakan wuku sebagai acuan mencari hari baik dan buruk. kalender jawa jika tidak menggunakan wuku seperti sayur tanpa garam, demikianlah perumpamaannya. Nama wuku berasal dari nama raja, beserta istri dan anak-anaknya. Wuku ada 30 yaitu: Sinta, Landep, Wukir, Kurantil, Tolu, Gumbreg, Warigalit, Warigagung, Julungwangi, Sungsang, Galungan, Kuningan, Langkir, Mandasiya, Julungpujut, Pahang, Kuruwelut, Marakeh, Tambir, Medangkungan, Maktal, Wuye, Manahil, Prangbakat, Bala, Wugu, Wayang, Kulawu, Dukut, Watugunung.

Kalender Jawa Bulan Januari Tahun 2022 Lengkap Hari Baik Dan Buruk

Pilihlah hari yang baik yang berjumlah 27 hari dalam kalender bulan Januari tahun 2022. Sedangkan hari yang buruknya berjumlah 4 hari. Hari yang buruk disebutkan dalam buku primbon Bataljemur Adammakna dengan nama hari larangan.Hindari hari yang sangar, hari kejadian dari beberapa nabi, tanggal naas, tanggal yang sangar, Bangas Padewan, Taliwangke, Samparwangke, Sengkan.

Kalender jawa bulan januari tahun 2022
Kalender jawa bulan januari tahun 2022 lengkap hari baik, pasaran dan wuku.

Share on: