Jadwal Imsakiyah Dan Sholat Wilayah Tambelan Kepulauan Riau Tahun 2021

Berbuka puasa di pulau tambelan jangan lupa untuk berburu makanan khasnya. Banyak hidangan berbuka puasa yang di jual di tambelan. Makanan khas tambelan tambelan, seperti guti gendang akan anda temukan dengan mudah. Agar tidak lupa dengan imsak, waktu berbuka dan jadwal sholat selama bulan ramadhan 1442 Hijriyah, khusus anda yang berada di pulau tambelan, kami lengkapkan dengan jadwal imsakiyah 2021/1442 wilayah pulau tambelan.

Posisi geografis di 106021’00” – 107059’00” LU dan 0050’00” – 1021’00” BT. Jumlah Penduduk Kecamatan Tambelan sebanyak 5.544 Jiwa. Jumlah Pulau – Pulau yang ada di Kecamatan Tambelan sebanyak 56 buah. diantaranya yang sudah di huni 7 Pulau dan yang belum di huni sebanyak 49 Pulau.

Tambelan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Posisi geografis di 106021’00” – 107059’00” LU dan 0050’00” – 1021’00” BT. Jumlah Penduduk Kecamatan Tambelan sebanyak 5.544 Jiwa. Jumlah Pulau – Pulau yang ada di Kecamatan Tambelan sebanyak 56 buah. diantaranya yang sudah di huni 7 Pulau dan yang belum di huni sebanyak 49 Pulau.

Tempat Berburu Takjil di Tambelan

Bagi anda yang tidak sempat untuk membuat menu makanan untuk berbuka puasa, dapat membeli yang sudah jadi. Ada beberapa tempat di tambelan yang menjual menu hidangan untuk berbuka puasa. Termasuk makanan khas tambelan.

Kedai Wan Zahra

Warung Wan Zahra tambelan ini memang merupakan tempat kuliner atau restoran yang menjual berbagai masakan nasi. Berbagai lauk di jual disini seperti ayam kremes, sambal ikan pedas, Ayam gulai dan berbagai jenis ikan dengan berbagai macam olahan. Selain menu nasi dan lauk pauk, tersedia juga nasi goreng, mie goreng dan bakso. Di bulan puasa ramadhan anda dapat membeli berbagai macam kueh, yang dalam bahasa tambelan “kueh” itu tambol. Menurut penjual yang kami temui bernama dani, di bulan ramadhan ini orang banyak membeli tambol untuk berbuka puasa. “Laris manislah” ujar dani sambil tersenyum. Bahkan lanjut dani lagi, menjelang liburan idul fitri di kedai ini menjual berbagai aneka ragan kue lapis lebaran serta snack-snack untuk lebaran.

Kedai Empher

Ayam panggang emper memang enak, demikian kata wiwit seorang gadis berlesung pipit yang kami temui di tambelan. Salah satu menu andalan kedai empher adalah ayam panggang. Selain di sajikan dalam keadaan panas, sambalnya belacannya enak. Tanpa aroma belacan yang menusuk. Terasa khas melayu sedikit manis. Jika anda berbuka puasa dengan menu nasi, coba rasakan nikmatnya menu ayam panggang dan ayam kentucky di kedai empher ini.

Makanan Khas Tambelan

Beberapa makanan khas tambelan biasanya di sajikan ketika bulan ramadhan seperti:

1. Lakse Kuah

laksa yg bahannya trbuat dari sagu. di sajikan dalam bentuk kuah dan goreng.

makanan khas tambelan
mie kuah atau mie air makanan khas tambelan

2. Bubur Pedas Tambelan

Bubur Pedas Tambelan merupakan makanan khas dari Pulau Tambelan. Namanya mengikuti rasanya yang pedas. Bubur ini terbuat dari bahan dasar beras dengan berbagai bahan tambahan. Perbedaan dengan bubur nasi biasa adalah berasnya sebelumnya sudah digiling kasar kemudian disangrai.

Bahan-bahan lain yang disertakan antara lain kacang tanah, ubi (kayu dan jalar), makaroni, mie, sayuran (wortel dan kangkung), jamur kuping, salai tongkol yang disuwir-suwir. Sedangkan bumbunya biasa disebut dengan bumbu pelembut terbuat dari parutan kelapa yang disangrai bersama ketumbar dan bawang merah. Kesemua bahan dimasak dengan air secukupnya dalam api sedang hingga menyatu.

Bubur pedas biasa disajikan agak encer untuk makanan pembuka. Bubur ini bukan makanan sehari-hari, hanya hadir dalam kesempatan khusus misalnya pesta pernikahan, hari raya, dan peristiwa penting lainnya seperti di bulan suci ramadhan.

3. Guti Gendang

guti gendang tambelan
guti gendang makanan khas tambelan

Dalam bahasa tambelan roti itu di ucapkan guti. Sedangkan kata goreng dalam bahasa tambelan adalah gendang. Jadi Guti Gendang, adalah roti goreng. Roti gendang inti dalamnya adalah Ikan Salai Tuna (tongkol/simbak dalam bahasa tambelan, bersumber tepung dan abon, yang terbuat dari daging segar ikan Tuna.

Bagi warga Kepulauan Riau, roti ini tidak asing. Karena, semua orang suka menikmatinya. Bahkan, hampir tiap kabupaten/kota se Kepulauan Riau, memproduksinya. Hanya saja, punya corak dan ciri khas masing-masing. Seperti, corak Roti Gendang Tambelan berbentuk bulat, Tarempa berbentuk lonjong, dan sebagainya.

Makanan lain yang wajib anda coba adalah mie kuah / mie air, dan bingke berendam khas tambelan.

Jadwal Imsakiyah Dan Sholat Wilayah Tambelan

Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan 1442 H jatuh pada Selasa, 13 April 2021. Sementara untuk sidak isbat di laksanakan secara daring tanggal 12 april 2021. Sementara menunggu sidang isbat, anda dapat menggunakan jadwal imsakiyah wilayah tambelan dan sekitarnya dibawah ini:

jadwal imsakiyah tambelan kepulauan riau
jadwal imsakiyah tambelan kepulauan riau tahun 2021 Masehi / 1442 Hijriyah