Download Jadwal Puasa Ramadhan Imsakiyah 1442 Hijriyah 2021 Masehi

APAKAH RAMADHAN ITU?

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam. Ini dianggap sebagai bulan suci yang menghormati saat ketika Allah, melalui malaikat Jibril, menurunkan ayat-ayat pertama Al-Qur’an, kitab suci Islam, kepada nabi Muhammad SAW.

KAPAN RAMADAN ITU?

Tahun ini, Ramadhan diharapkan dimulai pada saat matahari terbenam pada hari Senin, 13 April, dan berakhir pada matahari terbenam pada hari Rabu, 13 Mei. Malam terakhir Ramadhan terdiri dari perayaan yang disebut Idul Fitri. Waktu awal dan akhir Ramadhan yang tepat didasarkan pada penampakan Bulan. Secara khusus, Ramadhan dikatakan dimulai pada hari pertama bulan baru di atas Mekah, Arab Saudi (atau pada tanggal yang ditentukan sebelumnya oleh perhitungan astronomi). Oleh karena itu, tanggal mulai dan berakhir tidak ditetapkan secara pasti dan dapat berbeda-beda setiap hari.

Tanggal yang tercantum di bawah ini didasarkan pada visibilitas yang diharapkan, jadi mungkin sedikit berbeda dari yang terlihat di tempat lain.

TRADISI RAMADAN

Mulai masa puber, semua Muslim (dengan pengecualian tertentu, seperti jika ada yang sakit, bepergian, hamil, lanjut usia, dll.) Mengikuti puasa matahari terbit-terbenam selama sebulan yang merupakan ciri khas Ramadhan. Muslim percaya bahwa puasa membersihkan tubuh, dan praktik tersebut mengingatkan mereka pada penderitaan orang miskin.

Makan dan minum dilarang dari matahari terbit hingga terbenam, dan pantang hari itu diimbangi dengan makan sebelum fajar yang disebut sehur dan makan malam yang dikenal sebagai buka puasa. Untuk berbuka puasa, banyak yang secara tradisional berbuka puasa dengan makan kurma terlebih dahulu, seperti yang diyakini dilakukan Nabi Muhammad untuk berbuka puasa. Makanan yang biasanya disajikan saat buka puasa bervariasi. Menjelang berpuasa ada acara ngabuburit yang artinya kegiatan menunggu azan magrib menjelang berbuka puasa pada waktu bulan Ramadan.

TRADISI NGABUBURIT

Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mencari takjil gratis, mendatangi pasar kuliner atau menghabiskan waktu di taman. Menurut Kamus Bahasa Sunda yang diterbitkan oleh Lembaga Bahasa dan Sastra Sunda (LBSS), ngabuburit adalah lakuran dalam bahasa Sunda dari ngalantung ngadagoan burit, yang artinya bersantai-santai sambil menunggu waktu sore.

Di akhir puasa 29 atau 30 hari (tergantung pada lamanya siklus bulan) adalah Idul Fitri (Festival Berbuka Puasa), ketika ada banyak pesta dan perayaan!

IDUL FITRI

Idulfitri atau Lebaran di Indonesia adalah hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriah. Awal pagi hari selalu dilaksanakan salat Idulfitri (salat Id), disunnahkan melaksanakan salat Id di tanah lapang atau bahkan jalan raya (terutama di kota besar). Sebelum salat Id dilakukan, imam mengingatkan siapa yang belum membayar zakat fitrah, sebab kalau selesai salat Idulfitri, baru membayar zakatnya hukumnya sedekah biasa bukan zakat. Umat Islam di Indonesia menjadikan Idulfitri sebagai hari raya utama, momen untuk berkumpul kembali bersama keluarga, apalagi keluarga yang karena suatu alasan, misalnya pekerjaan atau pernikahan, harus berpisah. Perayaan Idul Fitri diisi dengan saling bermaaf-maafan antar keluarga, tetangga, dan orang-orang yang dikenal.

Apa itu Jadwal Imsakiyah??

Jadwal imsakiyah adalah jadwal imsak atau berakhirnya makan sahur. Ketika sudah masa imsak, tidak diperbolehkan lagi makan dan minum berserta larangan yang dapat membatalkan puasa. Jadwal imsakiyah di keluarkan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Selain jadwal imsak, terdapat juga jadwal sholat pada bulan suci ramadhan.

Jadwal imsakiyah tahun 2021 masehi 1442 Hijriah

Jadwal imsakiyah ini dapat anda download gratis. Bersumber dari Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Didalamnya selain terdapat jadwal imsak dan jadwal berbuka, juga terdapat jadwal sholat 5 waktu di bulan ramadhan yaitu bulan april dan bulan mei. Berikut Jadwal Imsakiyah 2021 Seluruh Kota Di Indonesia: